Home Politik Rumah Cimanggis Layak jadi Cagar Budaya
Rumah Cimanggis Layak jadi Cagar Budaya

Rumah Cimanggis Layak jadi Cagar Budaya

32
0

Metro Depok – Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo menilai Rumah Cimanggis yang berada di kompleks pemancar Radio Republik Indonesia Kelurahan Cisalak, Sukmajaya, bisa dijadikan cagar budaya.

“Setelah kami tinjau pada Jumat (23/03), ternyata di Rumah Cimanggis itu terdapat ornamen atau interior yang mempunyai nilai yang tinggi,” katanya saat ngobrol bareng dengan sejumlah media.

Dia menambahkan secara aturan otonom, Pemkot atau Pemda bisa mengeluarkan Surat Keputusan perihal cagar budaya agar tidak dirobohkan atau dihilangkan saat pembangunan Universitas Islam Internasional (UII).

Heritage Depok Community (HDC) juga sudah mengajukan bangunan tersebut sebagai cagar budaya. “Memang, jika dilihat dari usianya, bangunan tersebut sudah layak disebut bangunan cagar budaya,” tuturnya.

Pasal 5 huruf a Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya, mengatur bahwa benda, bangunan, atau struktur dapat diusulkan sebagai benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, atau struktur cagar budaya apabila memenuhi kriteria berusia 50 tahun atau lebih.

Berdasarkan informasi, Rumah Cimanggis adalah milik petinggi Kongsi Dagang Belanda Hindia Timur atau Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Bangunan itu diyakini mulai dibangun pada rentang tahun 1771 dan 1775.

Memang, berdasarkan pertimbangan lingkungan rumah tersebut merupakan aset pemerintah pusat. Sehingga alangkah baiknya jika Pemkot Depok berkoordinasi lebih dulu dengan pusat agar bangunan bersejarah tersebut tidak dihancurkan. Malahan, UII bisa mendukung dengan menjadikan museum atau destinasi wisata sejarah di Depok.

Dirinya menekankan, kunjungan dan apa yang dibicarakan mengenai Rumah Cimanggis bukan ingin konfrontasi dengan Pemkot Depok. Tetapi sebagai masukan dari DPRD agar bisa menyelamatkan salah satu bangunan bersejarah di Kota Depok.

“Kami dukung upaya Pemkot, tapi bukan mau konfrontasi dengan Pemkot Depok. Ini untuk masukan, tapi secara resmi kami dari DPRD belum mengeluarkan surat rekomendasi. Karena harus dirapatkan dengan semua fraksi. Namun, saya meyakini, dari Fraksi PDI Perjuangan akan mendukung adanya SK untuk menyelamatkan Rumah Cimanggis,” katanya.

Jika sudah ditetapkan sebagai cagar budaya, lanjutnya, tentu akan ada alokasi anggaran untuk pemeliharaan. Bahkan, aspirasinya saja bisa dialokasikan untuk membuat gapura di Jalan Pemuda Depok Lama akan jadi Kawasan Cagar Budaya Depok. “Itu juga jadi destinasi wisata sejarah. Nanti gapura itu ornamennya seperti Jembatan Panus” katanya.

Rencananya, di bawah Jembatan Panus sendiri akan dibangunkan dermaga di Sungai Ciliwung. Hal itu dilakulan sebagai upaya-upaya pelestarian terhadap bangunan sejarah di Kota Depok sehingga generasi penerus tahu akan sejarah Depok dan Depok itu memang ada dan masih ada yang harus dijaga dan dilestarikan. (Aji/MD/JPG)

32

Ad Banner 728 x 90