Home Hot News Sampah TPA Cipayung Longsor, Normalisasi Kali Pesanggrahan Tertunda
Sampah TPA Cipayung Longsor, Normalisasi Kali Pesanggrahan Tertunda

Sampah TPA Cipayung Longsor, Normalisasi Kali Pesanggrahan Tertunda

139
0

Metro Depok – Normalisasi Kali Pesanggrahan yang dipenuhi sampah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung diminta warga Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan ditunda sampai ada musyawarah dengan pihak pengelola TPA.

Pasalnya, sampah yang sudah memenuhi badan kali hingga ke lokasi tanah warga di lingkungan RT 03/ RW 04 belum diukur pihak terkait. Selain itu, warga juga merasa  khawatir jika normalisasi kali dilakukan sampah yang sudah meninggi akan kembali longsor, karena tidak adanya pagar penahan sampah dari TPA.

“Kami minta kepada pihak operator alat berat Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane tidak melakukan normalisasi Kali Pesanggrahan sebelum ada musyawarah terkait letak badan kali dan batas tanah milik warga,” kata Ade Irza warga Kelurahan Pasir Putih,  kepada Metro Depok, Sabtu (10/03).

Sebab, lanjut dia, antara badan kali dengan tanah milik warga sudah dipenuhi sampah TPA, sehingga harus diukur terlebih dahulu sebelum dilakukan dilaksanakan normalisasi. “Jadi, kami operator alat berat tidak melakukan aktifitas sebelum ada kejelasan batas antara kali dan tanah warga,” tandasnya.

Tanah warga yang sudah tertimbun lumpur dan sampah, diungkapkannya, merupakan tanah milik keluarga Hamdani yang merupakan Ketua RT 03/ RW 04 seluas 2000 meter persegi. “Orang tua RT tersebut minta jelasannya,” tandasnya.

Sementara itu, pihak operator dari BBSCC yang belum  mengetahui titik yang akan dinormalisasikan terpaksa memenuhu keinginan warga, meski alat berat sudah siap. “Ini harus dimusyawarahkan dulu agar lokasi yang dinormalisasi titiknya jelas,” kata Aris, operator alat berat di hadapan warga.

Sesungguhnya, lanjutnya, alat berat beco untuk normalisasi Kali Pesanggrahan sudah didatangkan Kamis (8/3) malam, dan alat berat tersebut sudah siap beroperasi meski saat turun ke areal dekat TPA terjadi kendala karena selang hidrolik tak bekerja, tapi kini sudah diperbaiki.

Pantauan Metro Depok di lokasi, alat berat berupa beco sudah siap di areal TPA di wilayah Kelurahan Pasir Putih, namun warga minta penundaan batas kali dengan tanah warga, sehingga pelaksanaannya menunggu hasil musyawarah antara warga dan pihak TPA Cipayung. (Dib/MD/JPG)

139

Ad Banner 728 x 90