Home Hot News Satgas Pangan Kota Depok Sidak Pasar Tradisional
Satgas Pangan Kota Depok Sidak Pasar Tradisional

Satgas Pangan Kota Depok Sidak Pasar Tradisional

19
0

Metro Depok – Guna menjaga ketersediaan dan kestabilan harga kebutuhan pokok jelang Ramadan, Pemerintah Kota Depok melalui Satgas Pangan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Sukatani, yang berlokasi di Kelurahan Sukatani, Tapos, Rabu (16/05).

Sidak dipimpin langsung Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Kapolresta Depok Kombes Didik Sugiarto. Tampak di lokasi Sekretaris Dinas Kesehatan Ernawati, Camat Tapos Hasanuddin, Kepala UPT Pasar Sukatani Rusli Arief, TNI, dan berbagai unsur terkait lainnya.

Dari pelaksanaan sidak, ditemukan adanya bakso dan tahu yang diduga mengandung formalin. Namun, bahan makanan yang mengandung formalin dan zat kimia tidak bisa dilihat kasat mata. Tentunya harus melewati tahapan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui kandungannya.

“Kita menemukan bahan makanan bakso dan tahu yang terindikasi menggunakan bahan formalin. Tapi masih perlu kita tinjau, khususnya oleh tim dari Dinkes Depok,” ungkap Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Mengenai harga bahan pokok jelang Ramadan, Wali menyampaikan di beberapa pasar tradisional harga terbilang relatif stabil, meski ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan. Sejumlah komoditi yang naik diantaranya daging ayam, daging sapi, telur, cabai merah, dan bawang merah.

“Kenaikan harga di beberapa komoditi jelang Ramadan ini memang dinilai masih wajar. Pasalnya, permintaan yang tinggi pastinya akan menyebabkan naiknya harga. Maka dari itu, kami bersama Satgas Pangan mengelar sidak,” ujarnya.

Wali Kota menegaskan bahwa pasokan pangan selama Ramadan dapat dikatakan aman. Bahkan untuk menjamin ketersediaan pasokan, pihaknya akan berkoordinasi degan Bulog untuk mengelar pasar murah di setiap kecamatan.

“Pasar murah akan diadakan selama Ramadan ini. tujuannya menjaga ketersediaan pasokan komoditi pangan,” pungkasnya.

Sementara, Kapolresta Depok Kombes Didik Sugiarto mengatakan bahwa Satgas Pangan Depok terus memantau harga kebutuhan barang pokok di pasar tradisional. Tujuannya, untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok.

“Dari hasil pantauan dan sidak, saat ini stok kebutuhan barang pokok dalam kondisi normal dan tidak ada sembako yang kondisinya langka,” ujar Didik.

Tim Satgas Pangan, katanya lagi, juga akan selalu melakukan monitoring di lapangan, guna menjaga kemungkinan adanya pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan dengan cara curang, seperti menimbun bahan pokok.

“Jika ada yang melakukan kecurangan dengan menimbun barang demi keuntungan pribadi, pastinya akan dikenakan penegakan hukum. Sementara ini belum ada temuan. Kita lihat kondisi saat ini harga bahan pokok wajar dan stok pangan normal,” tandasnya. (Hen/MD/JPG)

19

Ad Banner 728 x 90