Home Pendidikan Satu Area, Satu Sekolah
Satu Area, Satu Sekolah

Satu Area, Satu Sekolah

164
0

Metro Depok – Dinas Pendidikan (Disdik) akan melakukan penataan terhadap sejumlah sekolah. Penataan ini dikhususkan untuk dua sekolah yang ada dalam satu area, sekolah yang masih menumpang di sekolah lain dan gedung sekolah yang dinilai mendesak untuk segera direnovasi.

Kepala Disdik Kota Depok, M. Thamrin menuturkan terkait dua sekolah yang ada dalam satu area nantinya akan digabung menjadi satu, baik dari sisi manajemen maupun kepala sekolah.

“Tujuannya agar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) lebih efektik serta lebih efisien karena diatur dalam satu kepemimpinan yang sama. Selain itu, ini adalah komitmen dalam meningkatkan mutu pendidikan di Depok,” tuturnya belum lama ini.

Thamrin mengutarakan, terkait penggabungan dua sekolah ini mengenai nama akan mengikuti penomoran awal. Ia memberikan contoh, di Kecamatan Beji ada SD Negeri 6 dan SD Negeri 7 yang nantinya bila digabungkan, nama sekolah tersebut menjadi SD Negeri 6.

“Otomatis dari dua kepala sekolah akan menjadi satu kepala sekolah saja. Yang lainnya akan ditempatkan di sekolah lain sesuai dengan kebijakan dari BKPSDM Kota Depok. Sebab, nantinya akan berkaitan dengan surat keputusan pensiun atau habis masa jabatan kepala sekolah yang bersangkutan,” tuturnya.

Ia mengatakan, selain penataan terhadap sekolah yang satu area pihaknya juga telah mengajukan usulan kepada perangkat daerah terkait untuk sekolah yang masih menumpang dan sekolah yang membutuhkan perbaikan. Usulan tersebut sudah diusulkan dan diharapkan di tahun 2019 bisa terealisasi.

Thamrin menambahkan, Disdik akan terus melakukan berbagai terobosan dalam hal meningkatkan layanan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing. Mulai dari akses layanan pendidikan maupun sarana dan prasarana pendidikan agar kualitasnya semakin meningkat.

“Upaya yang dilakukan tersebut sesuai dengan arah kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016- 2021,” katanya.

Peningkatan mutu pendidikan ini berkaitan dengan misi pembangunan Kota Depok dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM). Karenanya, optimalisasi serta peningkatan mutu layanan pendidikan akan terus ditingkatkan sesuai dengan arah kebijakan yang ada. Tentu juga dengan kemauan serta aspirasi masyarakat Kota Depok.

“Ada dua sasaran dalam peningkatan pelayanan pendidikan. Yakni meningkatkan akses layanan pendidikan di sekolah dan meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat,” kata Thamrin.

Dalam akses layanan pendidikan, sambungnya,  akan dilakukan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan agar siswa dapat menggunakan fasilitas sekolah untuk kegiatan belajar mengajar dan menambah wawasan pendidikan. Selain itu juga meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini dalam mendapatkan pengetahuan. Selanjutnya, untuk peningkatan kualitas pendidikan masyarakat, yaitu melalui pelaksanaan paket kesetaraan, pembinaan buta aksara, serta penyelenggaraan kejar paket.

“Melalui berbagai upaya itu maka dapat terwujudnya cita-cita Kota Depok untuk SDM yang unggul dan berkualitas. Karena itu kami akan fokus untuk memajukan dunia pendidikan di Kota Depok,” tandasnya. (WS/MD/JPG)

164

Ad Banner 728 x 90