Home Pendidikan SD Muhammadiyah 4 Meruyung Ikuti Program Student Exchange di Malaysia
SD Muhammadiyah 4 Meruyung Ikuti Program Student Exchange di Malaysia

SD Muhammadiyah 4 Meruyung Ikuti Program Student Exchange di Malaysia

26
0

Metro Depok – SD Muhammadiyah 4 Meruyung, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, mengikuti program pertukaran pelajar Student Exchange 2018 di Sekolah Kebangsaan (SK) Parit Bakar Tengah Muar Johor, Malaysia, mengikuti program Student Exchange bersama 30 peserta dari Indonesia termasuk guru pembimbing.

Muhtadin Tyas selaku kepala sekolah SD Muhamadiyah 4 Meruyung mengatakan, siswa yang berangkat ke Malaysia, adalah siswa yang sudah terpilih (Duta Pendidikan Muhamadiyah-red), sebanyak dua siswa di antaranya kelas 4 dan 5, mewakili SD Muhammadiyah Meruyung untuk dapat menimba ilmu di negeri seberang.

Kepada siswa yang lain, dirinya mengingatkan, agar dapat meningkatkan prestasinya sehingga dapat mengikuti student exchenge ke negara tetangga, karena program ini akan dijadikan program rutin setiap tahun di sekolah SD Muhammadiyah Meruyung.

“Untuk mewujudkan visi misi dan untuk mencapai tujuan, kerjasama mutlak harus dilakukan. Kerjasama dapat dilakukan dengan berbagai pihak. Sekolah Kebangsaan SK Parit Bakar Tengah Muar Johor, Malaysia menjadi salah satu pihak menjalin kerjasama, kegiatan ini berjalan selama satu minggu,”papar Tyas, kemarin. Program Student Exchange diikuti 26 Februari lalu.

Lebih lanjut dikatakannya, kemajuan sebuah institusi pendidikan harus dibangun dengan hubungan kerjasama yang baik dengan lembaga pendidikan yang lain, kerja sama Internasional juga menjadi bagian penting untuk pendidikan yang berkemajuan.

“Sekolah Kebangsaan Parit Bakar Tengah Muar Johor, Malaysia salah satu sekolah yang telah menjalin hubungan Internasional dengan SD Muhammadiyah 4 Meruyung Depok. Kerjasama ini semoga saling memberikan inspirasi untuk kemajuan pendidikan,”harapnya.

Kegiatan yang dilakukan dalam Student Exchange selain meningkatkan wawasan global, class session juga pertukaran kebudayaan yang membawa misi mengenalkan budaya Indonesia.

“Orang Malaysia sangat menghormati orang Indonesia yang berkunjung ke negaranya, kami juga disambut dengan baik oleh Dinas Pendidikan Daerah setempat, mereka sangat apresiasi terhadap siswa Indonesia yang hadir ke Malaysia, program ini untuk pertukaran pendidikan dan budaya antara kedua bangsa. Dan pembangunan karakter di Malaysia sangat baik,” Muhtadin.

Ditambahkannya, berbagai pengalaman yang didapat dari hasil pertukaran pendidikan dan kebudayaan sangat positif sekali. “Semoga hubungan Indonesia dengan Malaysia lebih baik,” pungkasnya.(dib)

26