Home Pendidikan SD Nasional Alamanda Diakreditasi
SD Nasional Alamanda Diakreditasi

SD Nasional Alamanda Diakreditasi

29
0

Metro Depok – Guna peningkatan kualitas mutu pendidikan assessor tingkat Kota Depok melakukan akreditasi sekolah dasar. Akreditasi tersebut dilakukan dengan melakukan pemeriksaan terhadap kegiatan di sekolah dan administrasi yang mengacu pada delapan standar pendidikan.

Standarisasi tersebut meliputi, standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasana, standar pengelolaan, standar pembiayaan pendidikan, dan standar penilaian pendidikan.

“Akreditasi ini dilakukan untuk kemajuan sekolah, dan setiap sekolah harus diakreditasi,” kata Safira Zuhra selaku Assessor di tingkat Kota Depok, disela-sela melakukan penilaian akreditasi di SDN Nasinal Alamanda di Jalan Tole Iskandar, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Rabu (28/02).

Dengan mengikuti penilaian akreditasi ini, sambung dia, nantinya sekolah tersebut akan terakreditasi sesuai tingkatannya sesuai dengan delapan standar kompetensi tersebut.

Adapun fungsi dan tujuan, yaitu standar nasional pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu, kemudian standar nasional pendidikan bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.

Selain itu, standar nasional pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.

“Untuk akreditasi yang dilakukan di SD Nasional Alamanda ini dianggarkan dari APBD Kota Depok,” terangnya.

Di tempat yang sama, Muji selaku Kepala SD setempat mengatakan, kegiatan akreditasi pernah dilakukan pada 2015, namun tidak sampai ke provinsi meski nilainya mencapai di atas angka delapan, sehingga akreditasi sekolah diulang kembali pada tahun ini.

“SD Nasional Alamanda ini berdiri di tahun 2010, dan saat ini sudah banyak prestasi yang diraih dalam ajang O2SN 2018 di tingkat kecamatan, termasuk lomba Pramuka tingkat kota menyabet juara 1 dan 2 di tingkat kota,” pungkasnya. (Dib/MD/JPG)

29