Home Lintas Semarak Hardiknas di Depok, Rekor 1.100 Lengser
Semarak Hardiknas di Depok, Rekor 1.100 Lengser

Semarak Hardiknas di Depok, Rekor 1.100 Lengser

52
0

Metro Depok – Ribuan insan pendidikan di Kota Depok mengikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Kota Depok Tahun 2018, yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di Lapangan Balai Kota Depok, Rabu (02/04).

Peringatan Hardiknas yang mengusung temaMenguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan Menuju Kota Depok Sebagai Kota Cerdas dan Berbudayaini bertindak sebagai inspektur upacara Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Tampak hadir pula Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, Ketua DPRD Kota Depok Hendrik Tangke Allo, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Mohammad Thamrin, serta ratusan guru dan pelajar se-Kota Depok.

Wali Kota Depok Mohammad Idris, yang membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy, menyampaikan harapannya agar menjadikan peringatan Hardiknas kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan, sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

“Kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kuat dan begitupun sebaliknya. Jika pendidikan subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghujam kian dalam,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pada peringatan Hardiknas ini diharapkan seluruh unsur yang ada menyatukan tekad untuk menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan, dengan niat yang ikhlas serta usaha yang keras tak kenal lelah dalam mengabdi di dunia pendidikan

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari teruslah berbuat ikhlas dan berkontribusi tak kenal henti dalam usaha menguatkan pendidikan Indonesia dan memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga kita semua dapat menyaksikan Indonesia sebagai bangsa adidaya dalam budaya dengan pendidikan yang kuat,” tandasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Mohammad Thamrin mengutarakan harapannya agar di Hardiknas ini pelaksana pendidikan di Kota Depok agar lebih baik lagi.

“Semua komponen harus saling mendukung karena tanggung jawab pendidikan bukan hanya tugas Disdik. Semua komponen punya tanggung jawab yang sama untuk memajukan anak-anak bangsa yang berakhlak dan berkarakter,” harapnya.

Semarak Hardiknas 2018 yang diawali dengan upacara ini dilanjutkan dengan pemecahan Rekor Muri Karnaval mengenakan Busana Lengser, EduExpo dan Bazar Produk Lokal yang melibatkan sekolah-sekolah dan masyarakat, lomba-lomba siswa dan guru, Pentas Seni dan Budaya, Launching Majalah Pendidikan Sobat dan Launching Wayang Golek Fabel.

“Terkait pemecahan rekor MURI berkaitan dengan berpakaian lengser terbanyak mencapai 1.100 orang, terdiri dari pelajar SD dan SMP, guru, serta kepala sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa Depok yang merupakan bagian dari Jawa Barat terus melestarikan budaya kesenian Jawa Barat, yaitu lengser,” jelasnya. (Her/MD/JPG)

52