Home Pendidikan Sinergi, Organisasi Peduli Dunia Pendidikan Adakan Seminar dan Dialog
Sinergi, Organisasi Peduli Dunia Pendidikan Adakan Seminar dan Dialog

Sinergi, Organisasi Peduli Dunia Pendidikan Adakan Seminar dan Dialog

19
0

Metro Depok – Ratusan insan pendidikan, yang terdiri dari kepala sekolah, guru, komite sekolah, serta berbagai pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan di Kota Depok berkumpul di aula lantai 10 Gedung Dibaleka 2, Jalan Raya Margonda, No.54, Kamis (08/03).

Kehadiran mereka adalah untuk mengikuti Seminar dan Dialog Pendidikan tentang Implementasi Pendidikan Berkarakter, yang diselenggarakan Forum Pemerhati Pendidikan Kota Depok bersama Forum Komite Sekolah Kota Depok.

Seminar dan dialog ini menghadirkan tiga narasumber, yakni perwakilan Badan Keuangan dan Pengawasan Pembangunan (BKPP) Sriyono, Ketua Dewan Pendidikan Kota Depok Hafidz Nasir, dan Ketua Forum Pemerhati Pendidikan Kota Depok Sutikno.

Ketua Forum Pemerhati Pendidikan Kota Depok, Sutikno mengutarakan bahwa pendidikan berkarakter adalah sesuatu hal yang sangat penting, bahkan menjadi salah satu program unggulan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang termaktub dalam Nawa Cita.

“Pendidikan karakter adalah pendidikan yang sangat penting bagi kita terutama bagi anak-anak yang masih dalam dunia pendidikan, karena pendidikan karakter dalam dunia pendidikan ini dijadikan sebagai wadah atau proses untuk membentuk pribadi anak agar menjadi pribadi yang baik,” ungkapnya.

Dalam dunia pendidikan, katanya lagi, pendidikan karakter sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk membentuk pribadi yang baik, bijaksana, jujur, bertanggung jawab, dan bisa menghormati orang lain. Dengan demikian pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah pendidikan yang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dengan pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi anak, baik dari ranah kognitif, fisik, sosial-emosi, kreativitas, dan spiritual yang seimbang.

Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap akan terbangun sinergitas satuan pendidikan di Kota Depok, mengoptimalkan peran komite, tokoh masyarakat dan unsur masyarakat lainnya, sehingga tercipta pendidikan yang berkarakter.

“Apa yang didapat dari kegiatan ini akan dirangkum dan bisa menjadi rekomendasi yang nantinya akan disampaikan ke Dinas Pendidikan,” katanya.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Depok, Hafidz Nasir menyampaikan paparan mengenai komite sekolah. Terkait pendidikan karakter, komite sekolah memiliki fungsi meningkatkan mutu pelayanan pendidikan secara gotong-royong, demokratis, mandiri, profesional, dan akuntabel.

“Tugas komite sekolah adalah memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan. Jangan sampai ada intervensi yang berlebihan dalam tugas pokok dan fungsinya, sehingga terjadi ketidakhamonisan,” tuturnya.

Yang utama, katanya lagi, adalah bermitra dan mewujudkan keharmonisan antara komite dengan pihak sekolah dalam membantu mewujudkan pendidikan yang berkarakter. (Her/MD/JPG)

19

Ad Banner 728 x 90