Home Pendidikan SMPN di Depok Desak Pemkot Tambah Sarana Komputer
SMPN di Depok Desak Pemkot Tambah Sarana Komputer

SMPN di Depok Desak Pemkot Tambah Sarana Komputer

55
0

Metro Depok – Kebutuhan komputer untuk  simulasi maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT) dirasakan masih kurang bagi sekolah negeri. Para kasek secara bersama mengajukan kekurangan sarana dan prasarana pendukung tersebut untuk kelancaran kegiatan tersebut.

Di antara sekolah yang membutuhkan komputer ataupun laptop untuk mempermudah siswanya mengikuti kegiatan simulasi dan UNBK, SMPN 18 di kawasan Serua, Kelurahan Bojongsari. Di sekolah ini baru terdapat 120 unit komputer dan laptop sedangkan jumlah siswa kelas 9 sebanyak 276, sedangkan sarana kebutuhan lainnya, yaitu genset sebagai bentuk antisipasi jika mati lampu secara mendadak.

“Kami sudah mengajukan usulan sarana dan prasarana berupa komputer dan laptop, termasuk gensset  kepada Dinas Pendidikan. Ini disampaikan sudah cukup lama, mudah-mudahan bisa direaliasasi,” kata Iskandar Saleeh selaku Kepala SMPN 18, kepada Metro Depok, Senin (12/03).

Usulan sarana dan prasarana pendukung tersebut, diungkapkannya, karena begitu penting sehingga saat pelaksanaan UNBK para siswa tidak ada yang masuk siang karena keterbatasan komputer dan laptop.

“Sekarang ini karena komputer dan laptop terbatas, ketika simulasi UNBK dilakukan secara bergelombang, sekolah juga menyewa genset untuk antisipasi mati lampu. Jadi, karena sarana dan prasarana pendukung ini sehingga kami usulkan agar tersedia semuanya,” terangnya.

Iskandar juga menambahkan, seperti untuk simulasi UNBK yang dilaksanakan pada 19-20 Maret 2018, pihaknya juga harus mempersiapkan kebutuhan tambahan sarana dan prasarana agar simulasi ketiga ini  berjalan lancar.

Sementara itu, Dewan Pendidikan Kota Depok, Hafid Nazir mengakui bahwa pelaksanaan UNBK di Kota Depok masih kekurangan sarana dan prasarana pendidikan, namun pelaksanaan ujian tersebut tetap berjalan sesuai jadwal.

Sesungguhnya, diungkapkannya, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam rangka pemenuhan kebutuhan di sekolah. Misalnya orang tua siswa memberikan bantuan komputer untuk kelancaran pelaksanaan UNBK diperbolehkan. “Sifatnya bantuan dibolehkan, karena aturannya ada,” ujar anggota DPRD Kota Depok. (Dib/MD/JPG)

55