Home Terkini Supian Suri Sekda Depok
Supian Suri Sekda Depok

Supian Suri Sekda Depok

3
0

METRO DEPOK – Kini posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok definitif telah terisi selepas dilantiknya Supian Suri di Aula Teratai Lantai 1 Gedung Balai Kota Depok, Kamis (22/07).

Pelantikan yang dipimpin oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris ini disaksikan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin, Pj Sekda Depok Sri Utomo, perwakilan Forkopimda, serta para kepala perangkat daerah.

Untuk diketahui, Supian Suri yang menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia menjadi salah satu peserta dari delapan yang mengikuti pendaftaran seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok.

Selain Supian Suri, tujuh nama lain yang mengikuti open bidding tersebut adalah Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Dudi Mi’raz Amiduddin, Sekretaris DPRD Kota Depok Kania Parwanti, Kepala Dinas Tenaga Kerja Manto, dan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Nina Suzana.

Selanjutnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sidik Mulyono, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah, serta Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Wijayanto.

Supian Suri terpilih sebagai Sekda Kota Depok setelah mengikuti berbagai tahapan seleksi, mulai dari tahapan administrasi, uji kompetensi, kesehatan, penulisan makalah, hingga wawancara. Seleksi sendiri dimulai sejak pendaftaran dibuka pada 8 Mei kemarin.

Wali Kota Depok menuturkan, jabatan sekretaris daerah merupakan amanah, trust, atau kepercayaan, karena itu diperlukan untuk selalu meningkatkan kapasitas. Amanah juga sebagai bless atau keberkahan, makanya harus meningkatkan loyalitas. Amanah juga sebagai responsibility, makanya harus meningkatkan diri menjadi the best personality.

“Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Sekda diharapkan bisa mewujudkan Trimurti dalam pemerintahan di Kota Depok. Maksudnya, ketiganya tidak berjalan sendiri atau masing-masing. Semuanya telah memiliki pembagian tugas yang jelas. Apa yang dilakukan jelas, kepada siapa nanti diarahkan tugasnya, ini diistilahkan dengan Trimurti,” tutur Wali Kota Depok Mohammad Idris di sela-sela pelantikan.

Ia juga mengatakan, ketiga posisi yang disebutkannya tadi tidak boleh berjalan sendiri-sendiri. Sebab tiga jabatan tersebut adalah satu kesatuan dan harus berkoordinasi untuk terciptanya sebuah kota yang lebih baik.

“Jangan masing-masing. Kita juga komitmen, tidak ada istilah atasan bawahan, kita semuanya adalah sahabat, kemitraan untuk dibentuknya teamwork yang solid,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Depok ini menegaskan, tidak ada istilah Superman, yang ada adalah Supertim. Semua bekerja sama dan selaras dalam menjalankan tugas pemerintahan.

“Jadi saat semua turun ke lapangan, bukan berarti ada dua, tiga, atau empat matahari,” tegasnya.

Sementara Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengutarakan rasa syukurnya karena Depok telah memiliki sekda definitif. Dirinya berharap amanah yang sudah diberikan kepada sekda bisa memberikan kebaikan bagi Kota Depok.

“Tugas wali dan wakil sangat berat. Dengan sudah adanya sekda definitif, tugas yang berat bisa dipikul bersama. Semua dalam rangka menyukseskan dan memajukan Kota Depok, dengan Visi Maju, Berbudaya, dan Sejahtera. Insya Allah segala kebijakan yang Pak Wali buat, termasuk pelantikan sekda ini, saya mendukung penuh kebijakan tersebut,” katanya.

Sementara, Supian Suri menyampaikan rasa terima kasih atas amanah yang diberikan. Dirinya mengaku akan loyal dalam menjalankan tugas, siap meningkatkan kapasitas, mengkoordinasikan tugas-tugas yang ada di jajaran perangkat daerah.

“Mudah-mudahan dengan arahan, dukungan dari teman-teman perangkat daerah, masyarakat, dan media, apa yang menjadi tugas wali kota dan wakil, saya menjadi bagian untuk ikut bertanggung jawab menyelesaikan tugas beliau, amanah dari masyarakat Kota Depok,” tegasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya posisi nomor tiga di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tersebut diisi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Sri Utomo yang ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Depok.

Sri Utomo mengisi lowongnya posisi Sekretaris Daerah (Sekda) usai Sekda sebelumnya, Hardiono memasuki masa purnabakti pada 31 Januari 2021.

Dengan dilantiknya Supian Suri maka kini Kota Depok telah memiliki sekretaris daerah definitif.

3