Home Hot News Tangani Insiden di Rutan Mako Brimob, Polisi Kedepankan Upaya Persuasif
Tangani Insiden di Rutan Mako Brimob, Polisi Kedepankan Upaya Persuasif

Tangani Insiden di Rutan Mako Brimob, Polisi Kedepankan Upaya Persuasif

98
0

Metro Depok – Karopemnas Mabes Polri Brigjen Pol Mochamad Iqbal mengatakan sampai saat ini pihaknya masih melakukan berbagai upaya dalam mengatasi insiden di Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob, Kelapa Dua yang terjadi pada Selasa (08/05) malam.

Iqbal mengatakan kalau sejauh ini pihaknya sudah melakukan berbagai upaya dan masih terus berjalan sampai saat ini. Tim negosisasi pun sedang bekerja terus untuk melakukan soft approach atau perundingan dengan tahanan.

“Hal ini adalah bukti kalau Polri mengedepankan upaya persuasif dan menghargai nyawa manusia kerusakan yang lebih besar. Tetapi akan ada tahapan sebagaimana telah diatur oleh standar operasional prosedur di jajaran Polri,” tuturnya kepada wartawan, Rabu (09/05) malam.

Dia juga meminta kepada masyarakat untuk mendoakan para personel yang gugur dalam menjalankan tugas negara. Selain itu pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk Polri agar mampu menyelesaikan permasalahan ini.

“Kami akan terus melakukan berupaya menyelesaikan permasalahan yang kini sedang terjadi,” katanya.

Ia mengatakan, dari kejadian ini telah memakan enam korban. Korban tersebut di antaranya, lima dari pihak Kepolisian dan satu narapidana.

“Ada enam korban dari insiden kali ini. Lima diantaranya adalah aparat kami dan satu berasal dari narapidana teroris. Narapidana ini kami berikan tindakan lantaran melawan, mengancam, serta merebut senjata petugas,” katanya.

Iqbal menambah kalau korban yang tewas saat ini telah dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Lima anggota yang gugur adalah Iptu Luar Biasa Anumerta Yudi Rospuji Siswanto, Aipda Luar Biasa Anumerta Denny Setiadi, Brigadir Polisi Luar Biasa Anumerta Fandy Setyo Nugroho, Briptu Luar Biasa Anumerta Syukron Fadhli, Briptu Anumerta Wahyu Catur Pamungkas.

“Fandy, Syukron, Wahyu, Yudi merupakan anggota Densus 88. Untuk Denny sendiri adalah anggota Polda Metro Jaya yang tergabung dalam satuan khusus antiteror tersebut. Sementara satu polisi yang disandera adalah Brigadir Kepala Iwan Sarjana. Iwan juga anggota Densus 88. Sementara narapidana yang tewas yaitu Benny Syamsu Tresno,” tandasnya. (WS/MD/JPG)

98

Ad Banner 728 x 90