Home Olahraga Tekuk Kolombia 2-1, Jepang Ukir Sejarah Baru di Piala Dunia
Tekuk Kolombia 2-1, Jepang Ukir Sejarah Baru di Piala Dunia

Tekuk Kolombia 2-1, Jepang Ukir Sejarah Baru di Piala Dunia

107
0

Metro Depok – Hadapi Kolombia, Tim Nasional (Timnas) Jepang membuat kejutan dengan mengalahkan tim Los Cafeteros dengan skor 2-1 dalam penyisihan Grup H Piala Dunia yang digelar di Mordovia Arena, Selasa (19/06) malam.

Dalam laga tersebut terjadi pertarungan sengit antara kedua tim di babak pertama. Bahkan, Kolombia harus kehilangan satu pemain lantaran Carlos Sanchez Moreno harus diganjar kartu merah oleh wasit.

Meskipun begitu, Kolombia malah terus mencecar pertahanan Jepang. Tim Samurai Biru terlebih dahulu menciptakan gol di menit ke enam hasil dari eksekusi pinalti Shinji Kagawa. Pinalti tersebut berawal dari pemain Kolombia Cesar Sanchez menghalau bola dengan tangan di kotak penalti.

Tidak hanya diberi hukuman pinalti, Kolombia pun harus bermain dengan sepuluh pemain lantaran Carlos langsung diganjar kartu merah oleh wasit lantaran diduga sengaja melakukan handsball. Shinji Kagawa selaku eksekutor pinalti tersebut pun sukses mengoyak gawang Kolombia yang dijaga David Ospina.

Walaupun tertinggal satu gol dan bermain dengan sepuluh pemain, Kolombia pun terus melakukan penyerangan ke pertahanan Jepang bahkan mendominasi serangan di babak pertama. Sayangnya, peluang yang didapatkan Juan Cuadrado dan Radamel Falcao gagal menjadi gol.

Meskipun begitu, Kolombia tetap berusaha keras mengalahkan Jepang dalam laga tersebut. Hasilnya, Kolombia baru menciptakan gol di menit ke-39 melalui tendangan bebas Quintero yang tidak dapat diantisipasi penjaga gawang Eiji Kawashima.

Sempat diblok, tendangan tersebut telah melewati garis gawang. Wasit Damir Skomina dari Slovenia pun mengesahkan gol tersebut.

Dibabak kedua, Jepang yang unggul jumlah pemain pun berbalik menguasai permainan. Praktis tim besutan Akira Nishiro pun membuat Kolombia sibuk menjaga pertahanan. Yusa OSako dan Takashi Inui pun sempat berusaha mengoyak gawang Kolombia di menit ke-54 dan 57. Tapi penampilan apik dari Ospina menggagalkan dua peluang tersebut.

Akhirnya kerja keras Jepang pun berbuah manis di menit ke-73. Tendangan penjuru dari Keisuke Honda berhasil di tanduk Osako dan menggetarkan gawang Ospina dan membuat skor 2-1 untuk keunggulan Jepang.

Kolombia pun terus melakukan serangan untuk menyamakan kedudukan hingga menit akhir pertandingan. Namun, Kolombia pun harus puas kalah 2-1 dari Jepang. Hasil ini membuat sejarah baru lantaran Jepang merupakan tim Asia pertama yang berhasil mengalahkan wakil Amerika Latin di Piala Dunia. (WS/MD/JPG)

107