Home Serba-serbi Tergenang, Pasar Kemirimuka Kumuh
Tergenang, Pasar Kemirimuka Kumuh
0

Tergenang, Pasar Kemirimuka Kumuh

5
0

METRO DEPOK-Pasar Kemirimuka ( Pasar Kemiri ), yang berada di Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji, selama sepekan digenangi air akibat hujan yang turun beberapa hari belakangan ini. Praktis, aktivitas jual beli di pasar tersebut terganggu.

Pantauan Metro Depok di lapangan, genangan air mencapai kisaran 30 centimeter berada di sepanjang jalur gocap dan jalur masuk ke kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Kemirimuka.

Agung, salah satu pedagang yang bagian kiosnya terendam, mengatakan genangan air ini sudah terjadi sepekan dan belum surut.

“Genangan air disebabkan karena saluran air yang ada di Pasar Kemirimuka mengalami mampet atau tersumbat sehingga air meluap ke jalanan bahkan ada yang masuk ke kios pedagang. Enggak hujan saja sudah terendam, apalagi hujan deras tambah banjir ini kios kita,” katanya.

Adanya genangan air itu, membuat dirinya mencari akal dengan meletakkan belasan batu bata agar konsumen yang ingin belanja ke kiosnya bisa melintas.

Dia mengatakan, dengan adanya genangan air menyebabkan pendapatan penjualannya menurun. Pasalnya, tidak ada konsumen yang karena malas melewati genangan.

Sementara itu, tokoh masyarakat Pasar Kemirimuka, Karno Sumardo, menambahkan genangan air di jalur kantor UPT Pasar Kemirimuka sudah terjadi selama sepekan lamanya.

“Ya kawasan Pasar Kemirimuka terendam karena saluran air yang tidak berfungsi dengan maksimal sehingga air meluap ke jalanan,” katanya.

Dia menduga, genangan air itu disebabkan karena adanya saluran air yang dipenuhi sampah, sehingga tidak bisa menampung debit air dan meluap ke jalanan.

“Adanya genangan air ini, rencananya akan mengajak para pedagang untuk melakukan aksi gerak membersihkan saluran air yang dangkal dan dipenuhi sampah salah satu penyebab genangan air di jalan Pasar Kemirimuka,” pungkasnya.

Dikhawatirkan jika hujan terus menerus turun maka besar kemungkinan genangan air semakin tinggi serta bisa menganggu aktifitas penjualan barang komoditi di Pasar Kemirimuka.

“Kami berencana akan bergerak mengajak para pedagang untuk kerja bakti membersihkan selokan yang mampet akibat sampah. Dengan adanya aksi bersih nanti maka bisa meminalisir genangan air di lingkungan Pasar Kemirimuka ini,” tutupnya.(aji)

5

Ad Banner 728 x 90