Home Hot News Tertimbun Lumpur, Aliran Air PDAM Tirta Asasta Terhenti
Tertimbun Lumpur, Aliran Air PDAM Tirta Asasta Terhenti

Tertimbun Lumpur, Aliran Air PDAM Tirta Asasta Terhenti

20
0

Metro Depok – Kurang lebih sekitar 60.000 pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok harus bersabar. Pasalnya, pasokan air bersih telah terhenti sejak Minggu (08/04).

Penyebab dari terhentinya pasokan air bersih ini karena Instalasi Pengolahan Air (IPA) Legong Mekar Jaya dan IPA Citayam tertimbun lumpur. Ini dikarenakan meluapnya Sungai Ciliwung yang terjadi karena hujan deras yang mengguyur sejak Sabtu (07/04) siang hingga Minggu (08/04) dini hari.

Direktur Umum PDAM Tirta Asasta Kota Depok, EE Sulaeman menuturkan penyebab terhentinya pasokan air bersih bukan hanya lumpur, tetapi juga kekeruhan air baku yang sangat tinggi yakni di atas 3000 NTU.

“Sementara untuk bisa diproduksi maksimal kekeruhan air baku antara 600 sampai 1000 NTU. Karena itulah IPA tidak bisa berproduksi dan pasokan air bersih kepada pelanggan terhenti sejak pukul 02.30,” tuturnya.

Ia memaparkan, dari 60 ribu pelanggan yang aliran air bersihnya terhenti saat ini terbagi atas 45.000 pelanggan yang tersebar d Kecamatan Sukmajaya, Cilodong, Tapos, dan Cimanggis karena gangguan IPA Legong Mekar Jaya.

Sisanya, sambung EE Sulaeman, adalah pelanggan yang berada di Kecamatan Pancoran Mas, Beji, Cipayung dan Sawangan. Terhentinya aliran air bersih di daerah tersebut karena terganggunya IPA Citayam.

EE Sulaeman menegaskan, pihaknya langsung bergerak untuk mengatasi permasalahan tersebut. Yakni dengan menerjunkan petugas untuk membersihkan endapan lumpur di dua IPA tersebut. Meskipun begitu, kembalinya aliran air belum dapat dipastikan.

“Untuk normalnya kembali pendistribusian air belum bisa dipastikan. Hal ini dikarenakan masih menunggu penurunan debit air serta penurunan kekeruhan air. Penurunannya tentu saja dibawah angka 1.000,” katanya.

Terpisah, Manager Pemasaran PDAM Tirta Asasta, Imas Dyah Pitaloka mengatakan kalau para pelanggan tidak perlu khawatir. Ini karena PDAM Tirta Asasta Kota Depok akan mendistribusikan air bersih dengan menggunakan mobil tiga mobil tanki.

“Kami akan berupaya secara maksimal. Tapi untuk pastinya kapan distribusi kembali normal belum dapat diperkirakan secara pasti,” tandasnya. (WS/MD/JPG)

20

Ad Banner 728 x 90