Home Serba-serbi Tulipe Impikan Kali Pesangggrahan Bebas sampah
Tulipe Impikan Kali Pesangggrahan Bebas sampah
0

Tulipe Impikan Kali Pesangggrahan Bebas sampah

6
0

Metro Depok-Tulipe (Tunas Kali Pesanggrahan), sebuah komunitas pelestari Kali Pesanggrahan di sepanjang bantaran sungai dekat Cinere Residence yang dibentuk 2015. Sebuah komunitas yangg berjuang untuk kelestarian alam, tentunya akan terus concern dalam berkegiatan mereka di alam terbuka. Tujuan dari komunitas ini adalah lingkungan tetap lestari, bersih dan dapat dinikmati anak cucu atau generasi selanjutnya.

Komunitas yang digagas Kusrianto, bersama Komunitas Peduli Kali Pesanggrahan Depok (KP2D), terus berupaya mewujudkan Kali Pesangggrahan dari sampah dan gangguan tangan-tangan jahil oknum warga
tidak bertangggungjawab.

Penggagas Tulipe, Kusnanto mengatakan, komunitas ini dibentuk lantaran keprihatinan kepada lingkungan kumuh dan masyarakat yang tidak peduli dengan keberadaan Kali Pesanggrahan.

“Di sini perumahan dikelilingi kali, apakah 15 atau 20 tahun kedepan tidak akan banjir dan akan berubah menjadi kali yang hitam dan bau, jika kita tidak bertindak,” kata Anto, sapaan akrabnya.

Awal mulanya, ia bersama anggota komunitas Tulipe mulai dari tukang dan security di perumahan, yang secara sukarela mau membersihkan kali, meski saat ada rejeki lebih, Anto kerap membelikan rokok dan makan.

Ia bergerak dengan mendirikan saung kampret, karena keluarnya malam hari, seperti hewan kampret atau kelelawar pada umumnya. Kemudian, membersihkan ilalang di bantaran kali dan menanaminya dengan sayur mayur dan tanaman produktif.

“Saya terinspirasi dari Babe Idin. Sebelum kami ketemu dengan kawan-kawan KP2D, orang komplek melihat saa orang tidak waras, karena mau repot-repot membersihkan kali,” paparnya.

Meski tidak mendapat suntikan dana APBD, Tulipe tetap berkegiatan dengan menanam bibit tanaman. Hanya anggota dan tidak disupport dari pihak manapun. Hanya niat dan tekad saja untuk menjaga serta merawat titipan anak cucu, agar saat mereka lahir, alam ini tidak rusak.

“Semoga apa yang saya perbuat sekarang bisa bermanfaat untuk generasi
penerus dan anak cucu nanti,” ucap Anto (hen)

6

Ad Banner 728 x 90