Home Pendidikan UI Ditargetkan Masuk 200 Kampus Dunia
UI Ditargetkan Masuk 200 Kampus Dunia

UI Ditargetkan Masuk 200 Kampus Dunia

10
0

Metro Depok – Universitas Indonesia (UI) ditargetkan untuk menjadi salah satu universitas yang masuk dalam urutan 200 kampus dunia di tahun 2019. Hal tersebut diungkapkan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir saat memberikan sambutan penyerahan hibah laboratorium kampus terhubung Honeywell di Fakultas Teknik Universitas Indonesia Depok, Kamis (01/03).

Ia menuturkan, bukan saja UI yang diharapkan masuk kedalam kampus dunia tetapi juga kampus lainnya seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Targetnya sendiri yakni kampus ITB diharapkan masuk kedalam 250 kampus dunia dan UGMn ke dalam 300 kampus dunia di tahun 2019.

“Itu adalah cita-cita saya. Karenanya, salah satu tujuan dari pemberian bantuan laboratorium ini salah satu tujuannya adalah memajukan pendidikan tinggi di Indonesia. Serta mewujudkan kampus-kampus Indonesia masuk ke dalam kampus dunia termasuk UI,” tuturnya kepada pewarta.

Ia mengatakan, pihaknya akan mendorong perguruan tinggi melakukan kolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya yang ada di dunia untuk meningkatkan penelitian dan juga mutu perguruan tinggi tersebut. Laboratorium yang diberikan Honeywell menggunakan sistem dan perangkat lunak canggih untuk mengendalikan berbagai fasilitas di beberapa gedung kampus FTUI.

Keberadaan laboratorium ini, sambung Nasir, bakal memungkinkan para mahasiswa dan dosen melakukan simulasi, belajar dan mengembangkan sistem gedung pintar dengan menggunakan modul dan perangkat lunak. Fasilitas tersebut diharapkan menjadi nilai tambah bagi program teknik sehingga mahasiswa dapat mempelajari teknologi terkini dari industri otomasi gedung dan sistim kendali. Kampus Fakultas Teknik UI menjadi pertama di Indonesia yang terhubung dengan Honeywell Building Technologies.

“Kami berharap cita-cita untuk UI masuk kedalam 200 kampus dunia di tahun 2019 terwujud. Serta menjadikan UI terus meningkatkan kualitas pendidikannya dan mengharumkan nama bangsa baik di tingkat nasional maupun internasional,” tandasnya. (WS/MD/JPG)

10