Home Dibaleka Wirausaha UMKM Baru Ikuti Pelatihan DKUM 
Wirausaha UMKM Baru Ikuti Pelatihan DKUM 
0

Wirausaha UMKM Baru Ikuti Pelatihan DKUM 

5
0

METRO DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) terus berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan wirausahawan baru dengan berbagai macam kegiatan.

Salah satunya adalah dengan menggelar pelatihan bagi wirausaha baru (WUB) di Kota Depok untuk di bidang kuliner, fashion, dan kerajinan tangan (craft). Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari pada bulan Oktober dan November 2017 di Kelurahan Mekarsari dan Bojongsari.

Kepala DKUM Kota Depok, Fitriawan Sumardi menuturkan, pelatihan WUB itu diperuntukkan bagi para pelaku usaha yang baru berumur enam bulan sampai tiga tahun. Pelatihan ini ditujukan untuk melatih mereka agar memahami dan mengerti bagaimana menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Para peserta diberikan pemahaman tentang dinamika kelompok, motivasi bisnis, ide-ide bisnis, perencanaan bisnis, manajemen usaha kecil, produk dan konsumen, marketing, dan operational profitability.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM yang baru berusaha, sehingga kualitas UMKM memiliki daya tawar yang tinggi, produktif dan efisien. Pelatihan WUB ini secara tidak langsung juga upaya untuk menambah lapangan kerja baru oleh para pelaku UMKM,” tuturnya kepada Metro Depok, kemarin.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Fitriawan, narasumber yang dihadirkan berasal dari Balai Pelatihan Tenaga Koperasi (Balatkop) Provinsi Jawa Barat dan pelaku bisnis maupun pengusaha Kota Depok yang sukses. Para peserta juga diajak untuk berkunjung ke tempat produksi salah satu UMKM yang berhasil di Depok. Bukan hanya melalui pelatihan, sambungnya, sebagai langkah nyata untuk menyusun strategi lebih lanjut, para peserta dilakukan pendampingan usaha oleh couch selama beberapa waktu usai mengikuti pelatihan.

“Program ini adalah salah satu upaya dukungan pemerintah dalam mencetak wirausaha baru yang memiliki daya saing. Mengingat pertumbuhan usaha baru di Indonesia masih cukup rendah,” tandasnya. (ws)

5

Ad Banner 728 x 90