Home Dibaleka Yayasan Bamuda Adakan Santunan
Yayasan Bamuda Adakan Santunan

Yayasan Bamuda Adakan Santunan

12
0

Bedahan – Yayasan Baitul Mahbuub Dal Lima (Bamuda) semarakkan Tahun Baru Islam dengan berbagi kepada puluhan anak yatim yang ada di kawasan RW 03 Kelurahan Bedahan, Sawangan, Kota Depok, Senin 9 September 2019 malam.

Yayasan yang mengandung arti rumah yang dicintai dan surat al-ikhlas itu memberikan santuan kepada 63 yatim.

Dikatakan Muhammad Agus Soleh (29), Ketua Yayasan Bamuda, kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam memperingati Tahun Baru Islam yang diperingati setiap tanggal 1 Muharram.

Pria yang mengemban pendidikan di Pesantren Miftahul Ulum, Gandaria Jaksel itu menuturkan, ada 63 anak yatim yang dibantu yayasan Bamuda dalam penanganan masalah ekonomi.

“Ya, semua anak yatim itu kami berikan bantuan berupa biaya pendidikannya,” kata Soleh.

Warga Asli Kelurahan Bedahan itu juga mengatakan, kegiatan tersebut diinisiasi oleh belasan remaja sekitar yang peduli akan kelangsungan hidup anak yatim, baik dalam pendidikan maupun sosial.

Semua dilakukan bertujuan untuk mensejahterakan yatim dan duafa, seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Soleh juga bercerita tentang awal mula dia terjun berdakwah di lingkungannya.

Dia katakan, Yayasan Bamuda berdiri sejak 2014 diatas 400 meter tanah yang diwakafkan oleh seseorang warga Citayam, Kabupaten Bogor.

Selain Yayasan, kata Soleh, ada juga rumah cinta yatim. Disana digunakan untuk mengurus biaya pendidikan anak yatim dan semacam santunan.

Sementara untuk sumber penghasilan, Soleh mengaku Yayasan Bamuda masih mengandalkan bantuan relasi, sebagian datang dari kepedulian warga sekitar.

“Setiap malam di yayasan ini diadakan ngaji lekar (baca Qur’an secara langsung). Ada juga metode penghafal (tahfidz). Seminggu sekali juga ada kursus bahasa amArab dan Inggris,” tuturnya.

Dengan kegiatan tersebut, Soleh berharap Yayasan Bamuda dapat menumbuhkan bibit-bibit manusia bertakwa dan berakhlaqul karimah.

Dia juga berharap pemerintah dapat sedikit peduli dengan sarana atau peningkatan belajar agama yang ada, khususnya Yayasan Bamuda.

“Semoga tanah yang telah diwakafkan ini dapat dibangun sarana yang lebih baik. Kami berharap bantuan dari Pemerintah Kota Depok bisa sampai di yayasan ini,” pungkasnya. (Luki)

12